Ads 468x60px

Sunday 16 August 2009

Studi Kelayakan Sekolah Swasta



EXECUTIVE SUMMARY

SD Islam Al-Azhar Depok merupakan salah satu sekolah dasar islam di Kota Depok yang menawarkan kualitas pendidikan umum berbasis keislaman yang baik. Sekolah dasar islam ini berada di bawah Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar (YPIA) yang berlokasi di daerah kebayoran baru, Jakarta Selatan. Sekolah dasar islam ini menggunakan standar kurikulum nasional yaitu Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan tetap mengaplikasikan prinsip-prinsip keislaman secara konkret. Sekolah islam ini rencananya akan di banguan di lahan kosong yang terdapat di Jl. Ir. Juanda, Depok, yang merupakan salah satu lokasi yang strategis yang terdapat di Kota Depok. Kehadiran sekolah dasar islam Al-Azhar di Kota Depok diharapkan mampu melayani kebutuhan masyarakat Kota Depok dalam hal penyediaan sarana pendidikan dasar berbasis keislaman yang memiliki kualitas pendidikan yang baik dan sudah dibuktikan dengan citra Al-Azhar sebagai salah satu perintis pendidikan berbasis keislaman di Indonesia.


LATAR BELAKANG

Di zaman sekarang ini, pendidikan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus terpenuhi. Pendidikan tidak lagi menjadi pelengkap, tetapi telah menjadi salah satu hak mendasar yang harus diterima oleh setiap manusia. Semakin tinggi tingkat kesejahteraan manusia, maka akan semakin besar pula kualitas pendidikan yang diharapkan.
Tersedianya sarana pendidikan yang berkualitas dengan tetap mempertahankan prinsip-prinsip keislaman merupakan salah satu permintaan mendesak yang harus dipenuhi saat ini, khususnya di Kota Depok, yang sebagian besar penduduknya adalah beragama islam. Ukuran kualitas dari sautu sarana pendidikan dapat diukur dari kurikulum pengajaran yang diterapkan, kemampuan fasilitator / tenanga pengajar yang ada, dan fasilitas fisik penunjang yang tersedia.
Berdasarkan data kesejahteraan penduduk Kota Depok tahun 2006, terlihat bahwa jumlah kepala keluarga (KK) yang memiliki tingkat kesejahteraan menengah ke atas mencapai 72 % dari total penduduk. Untuk itu, dapat dikatakan bahwa sebagaian besar penduduk Kota Depok berada pada level kesejahteraan menengah ke atas.Kondisi ini sangat bertolak belakang dengan ketersediaan sarana pendidikan berbasis keislaman yang memiliki kualitas pendidikan yang baik di Kota Depok. Saat ini terdapat 548 sekolah dasar di Kota Depok, namun tidak lebih dari sepuluh sekolah dasar yang memiliki kualitas pendidikan seperti yang diharapkan masyarakat.
Begitu pula dengan jumlah sekolah dasar islam di Kota Depok yang hanya berjumlah tidak lebih dari 10 sekolah dasar islam. Berdasarkan jumlah tersebut, hanya ada dua sekolah islam yang memiliki kualitas pendidikan yang baik di mata masyarakat Kota Depok. Selain itu, jumlah kuota yang diterima di sekolah islam tersebut sangat terbatas untuk setiap tahunnya, mengakibatkan banyak peminat yang belum dapat diterima.
Berdasarkan hal-hal yang dikemukakan di atas, maka kami berencana untuk mengembangkan “SD Islam Al-Azhar Depok” yang terletak di salah satu lokasi strategis di Kota Depok, Jalan Ir. H. Juanda. Sekolah islam ini berada di bawah Yayasan Al-Azhar yang berpusat di Kebayoran, Jakarta Selatan.
Kehadiran “SD Islam Al-Azhar Depok” ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi masyarakat islam di Kota Depok, sebagai salah satu alternatif pilihan sekolah dasar islam yang memiliki kualitas pendidikan yang sudah teruji dan memiliki citra yang baik di masyarakat islam Indonesia saat ini.


MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan penyusunan feasibility study ini yaitu untuk mengetahui apakah proyek pembangunan SD Islam Al-Azhar Depok yang akan kami kembangkan layak untuk dilaksanakan, sehingga dapat melayani kebutuhan masyarakat Kota Depok dalam bidang pendidikan dasar yang berbasis keislaman, serta dapat memberikan keuntungan secara finansial.

PS:
Contoh ini merupakan hasil tugas besar mahasiswa/i saya di Universitas Indonesia, kekhususan Manajemen Konstruksi, program sarjana reguler untuk mata kuliah proyek pada semester 8.

Mau laporan lengkapnya?? klik aja disini : download here

2 comments:

 

Lijit’s search

Business Online

Popular Post