Ads 468x60px

Sunday 16 August 2009

Studi Kelayakan Hotel


LATAR BELAKANG

Perilaku konsumen merupakan suatu tindakan nyata konsumen yang dipengaruhi oleh faktor-faktor kejiwaan dan faktor luar lainnya yang mengarahkan mereka untuk memilih dan mempergunakan barang/jasa yang diinginkannya. Perilaku konsumen suatu produk dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain keyakinan konsumen terhadap produk yang bersangkutan, keyakinan terhadap reference serta pengalaman masa lalu konsumen.
Konsumen yang memiliki kegiatan dalam perjalanan jauh yang membutuhkan suatu tempat penginapan namun bersifat temporer, terdapat permintaan adanya jasa penginapan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Hotel adalah suatu bidang usaha yang menggunakan suatu bangunan atau sebagian bangunan yang disediakan secara khusus, untuk setiap orang yang menginap, makan, memperoleh pelayanan dan menggunakan fasilitas lainnya dengan pembayaran.
Bisnis Hotel merupakan salah satu perusahaan yang saat ini berupaya berusaha memperoleh konsumen yang baru dan mempertahankannya, serta berpotensi sebagai lahan bisnis yang layak untuk dilakukan.
PT. Young Engineers, Tbk. berencana untuk membangun sebuah Hotel Alexandria berlokasi di Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang merupakan pusat tekstil terbesar di Asia tenggara dan tempat yang banyak dikunjungi pengusaha domestik maupun luar negeri. Penginapan sebagai tempat transit dan pertemuan dengan rekan bisnis adalah kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi. Rencana pembangunan hotel baru ini dilatarbelakangi oleh keinginan investor untuk menginvestasikan dana yang dimiliki untuk mendapatkan keuntungan yang setimpal. Untuk menganalisa kelayakan pembangunan hotel baru tersebut, PT. Young Engineers, Tbk. membentuk tim yang diberi tugas untuk melakukan studi kelayakan proyek pembangunan Hotel baru tersebut. Dengan adanya laporan feasibility study ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan rekomendasi kepada investor tentang proyek yang dikaji apakah benar-benar layak atau tidak dilihat dari berbagai aspek.


MAKSUD DAN TUJUAN

Studi kelayakan ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan pembangunan hotel baru di daerah Tanah Abang. Hasil studi ini diharapkan bermanfaat bagi para stakeholder untuk menetapkan kebijaksanaan, perencanaan, pengambilan keputusan dalam pelaksanaan proyek pembangunan hotel tersebut dikemudian hari, sehingga diharapkan target pelaksanaan proyek dapat berjalan sesuai dengan rencana.
Hasil studi ini juga diharapkan akan bermanfaat bagi manajemen maupun calon kreditur dalam melaksanakan penilaian yang mendalam dan sistematis terhadap proyek ini sebagai dasar pengambilan keputusan untuk pelaksanaan proyek termasuk besarnya kredit yang dapat diberikan.


PS:

Contoh ini merupakan hasil tugas besar mahasiswa/i saya di Universitas Indonesia, kekhususan Manajemen Konstruksi, program sarjana reguler untuk mata kuliah proyek pada semester 8.

Mau laporan lengkapnya?? klik aja disini : download here

4 comments:

  1. mbak terima kasih ya mau berbagi ilmunya, sangat berguna neh.....
    muadahan tuhan yang membalasnya....
    ijin download mbak!!!

    ReplyDelete
  2. Mbak alvi, terimakasih sharingnya... very very helpful... Semoga Allah,SWT selalu memberikan barokah dan rizki buat mbak, selalu... amiiinn Ijin download yaa :)

    ReplyDelete
  3. Admiring the time and effort you put into your blog and detailed information you offer!.. profile

    ReplyDelete
  4. Ibu Alvi bisa saya download kah Ibu makasih

    ReplyDelete

 

Lijit’s search

Business Online

Popular Post