Ads 468x60px

Sunday, 16 August 2009

Studi Kelayakan Gedung Perkantoran

LATAR BELAKANG

Memasuki era globalisasi, dunia bisnis di Indonesia terus berkembang. Untuk mendukung perkembangannya dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai. Gedung perkantoran sebagai sarana atau media operasional dari bisnis itu sendiri tentu saja akan selalu dibutuhkan.
Setelah tahun 1997, penyerapan perkantoran terus meningkat dan mencapai puncaknya pada awal tahun 2008. Memang pada pertengahan sampai akhir tahun 2008 penyerapan perkantoran sempat menurun akibat krisis global yang menyebabkan kenaikan harga BBM di Indonesia. Namun, seiring dengan diturunkannya harga BBM sejak bulan Desember tahun 2008 yang lalu, maka kemampuan konsumen akan kembali meningkat sehingga kebutuhan konsumen akan perkantoran pun akan meningkat pula.

Untuk itulah maka investor berencana untuk menambah jumlah gedung perkantoran di kota Jakarta untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan perkantoran, mengingat Jakarta adalah pusat bisnis di Indonesia. Gedung perkantoran “Magna Building” ini akan berlo
kasi di kawasan Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara yang merupakan salah satu kawasan bisnis di Jakarta Utara. Kawasan ini juga memiliki akses transportasi umum yang cukup memadai sehingga memudahkan mobilitas dari staf dan pegawai kantor. Rencana pembangunan gedung perkantoran baru ini tentu saja dilatarbelakangi oleh keinginan investor untuk menginvestasikan dana yang dimiliki untuk mendapatkan keuntungan yang setimpal sehingga proyek pembangunannya layak untuk dijalankan. Dengan adanya laporan feasibility study ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan rekomendasi kepada investor tentang proyek yang dikaji apakah benar-benar layak atau tidak dilihat dari berbagai aspek.


MAKSUD DAN TUJUAN


Studi kelayakan ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan pembangunan gedung perkantoran di kawasan Mampang. Hasil studi ini diharapkan bermanfaat bagi para stakeholder untuk menetapkan kebijaksanaan, perencanaan, pengambilan keputusan dalam pelaksanaan proyek pembangunan gedung perkantoran tersebut di kemudian hari, sehingga diharapkan target pelaksanaan proyek dapat berjalan sesuai rencana.


PS:
Contoh ini merupakan hasil tugas besar mahasiswa/i saya di Universitas Indonesia, kekhususan Manajemen Konstruksi, program sarjana reguler untuk mata kuliah proyek pada semester 8.


Mau laporan lengkapnya?? klik aja disini : download here

1 comments:

  1. thanks to alin...

    keberkatan atas ilmu & rezki
    diluaskan ilmu pengetahuan

    izin download

    ReplyDelete

Comments

There was an error in this gadget
 

Lijit’s search

Business Online

Popular Post